SELAMAT DATANG BLOGGERS

Senin, 15 Maret 2010

AKU DAN FOTOGRAFI



Banyak alasan orang memilih sesuatu untuk disenangi, ada yang suka tarik suara, berbicara, Bela Diri, Memancing, Olahraga dan lain sebagainya, begitu juga aku, dulu ketika kanak-kanak aku suka menggambar, dan mungkin semua kanak-kanak pada waktu itu, tapi sampai SMA bidang itu agak menonjol menurutku, setidaknya imajinasiku pada kegiatan itu lumayan berkembang. Memproyeksikan objek nyata maupun tidak nyata dan mengimprovisasikannya bisa begitu menyenangkan sekali. tapi sebelum itu menjadi hobi akhirnya terhenti karena keterbatasan sarana dan prasarana...singkatnya untuk mendalami seni melukis membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apa lagi bagi anak sekolahan pada waktu itu. he he he...


By The Way....ternyata semakin berjalannya waktu ya karena mungkin ada sedikit bakat ,hobi melukis itu bermetamorfosis ke bentuk yang lebih canggih...istilah folosofisnya "melukis dengan cahaya" kata para ahlinya begitulah setidaknya. Gampangnya Fotografi adalah seni melukis objek nyata melalui media film atau sensor dengan cahaya, dan hobi ini memang mahal namun aku menikmatinya sejalan dengan waktu. Selalu ada jalan selagi ada kemauan...konon.





Awal perkenalanku dengan Fotografi sebenarnya sudah dari kecil, bila ada kesempatan acara yang membutuhkan potret memotret aku selalu semangat menajalankannya, memegang kamera layaknya Tuhan memberikan kuasa kepadaku untuk menghentikan waktu , wah so power full rasanya...ketika itu.. amazing feelingkan?


Meskipun mahal, ternyata peng-hobi Fotografi di Indonesia meningkat sangat pesat, teknologi digital begitu menjadi kan fotogarafi begitu mudah dan instan. dan Kebutuhan akan pencitraan dari fotografi terus bertambah, kini Fotografi telah menjadi Industri yang berkembang ditopang oleh kemajuan Komputerisasi. Bagitu banyak ide kreatif tercipta dengan kolaborasi Komputer dan Fotografi, Lihat saja Billborad di jalan jalan. Foto Preweding, Foto Kandidat anggota DPR, dan banyak lagi, ternyata Photoshop adalah jurus andalannya. seperti pasangan yang tak terpisahkan. Semua konsekuensi era digital yang tak terhentikan.


Aku masih ingat ketika pertama kali mulai "terjerumus" dalam hobi ini, Bhbahsa gaulnya dalamkomunitas Fotogarfi "teracuni", perkenalanku pertama kali dimulai dari sebuah hobi juga ..ya ini, hobi berinternet . suatu ketika aku berkenalan dengan seorang anak muda di sebuah situs fotografi. "fotografer.net" nama situs itu, biasa disingkat FN...awalnya aku tersesat ke situs itu dari searching di google. aku tertarik akan apresiasi FN terhadap hasil karya Pemula yang banyak mengupload fotonya disana, dan banyak kreasi foto yang begitu memukau bagi ku yang masih awam dan itu menambah penasaran, dan untungnya ketika menjadi anggota FN banyak bimbingan dari sesama anggota hobies dalam mengasah ketrampilan itu.




Ia mengenalkan namanya Pandu, kmi berkontak via pesan singkat di situs FN, dan sepakat bertemu disebuah tempat nongkrong favorite di bibir pantai di kota itu, dari dialah aku banyak mendapat masukan tentang fotografi dan anyak mendorongku untuk lebih maju, dan akhirnya kami menjadi teman hobies yang mengasikkan, saking gilanya sama fotografi..


Melalui rekomendasinya aku memilih Nikon D70s seperti yang digunakannya. Sebuah Seri Legendaris Nikon saat itu, aku mendapatkan Body Kamera tersebut dari forum Jual Beli di Situs FN, dan semua lensa dan perlengkapan Fotografi lainnya yang aku kumpulkan hampir semuanya aku dapatkan dari Shoping online di forum itu, itulah yang membuat situs FN begitu banyak penggemarnya.


Kini, aku masih menggunakan kamera itu, meskipun sudah discontinu dan banyak seri baru yang launching, aku masih bertahan menggunakannya, bagiku Legendaris itu benar benar Legenda Fotografi ku.


Entah berapa jumlah Foto yang telah aku hasilkan. seingatku aku pertama kali menggunakannya ketika Ultah Pertama Puteri Pertamaku dan itu sudah 3 tahun yang lalu, sekarang aku tak seproduktif itu, jadwal buat hobiku itu sedikit harus berbagi dengan jadwal lainnya, biasanya aku memotret ketika ada jadwal keluar kota, acara refreshing keluarga dan paling sering memotret tingkah anak-anakku yang lucu, ..yah yang penting aku masih belajar teknik teknik fotografi yang terus berkembang itu secara otodidak dan aku banyak terbantu dari Internet dalam mencari referensi, begitu banyak situs dan Forum milis fotografi.
Untuk melihat hasil Foto-Foto ku silahkan berkunjung ke rizal photoblog image rizalphotoblog


credit by RAFID70s image by dpnow.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

So..apa komen anda?